Bunga Vinca, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Bunga Vinca, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah – Tahukah anda apa itu bunga vinca? Ya, bunga vinca adalah salah satu jenis tanaman, yang mana tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga vinca sendiri sebenarnya bukanlah jenis tanaman lokal seperti cabai hias. Namun pada dasarnya jenis tananam ini berasal dari Madagaskar. Biasanya jenis tanaman ini difungsikan sebagai penghias rumah.

Bunga Vinca, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Lazimnya orang-orang yang memiliki tanaman ini akan menggantungnya di depan rumah. Namun sebenarnya bunga vinca ini tidak hanya bisa digantung saja, tetapi juga bisa tumbuh layaknya seperti bunga dan jenis cabe hias yang lain. Jika anda termasuk penghobi tanaman hias, anda patut untuk mencoba menambahkan jenis bunga yang satu ini pada koleksi tanaman hias anda.

Manfaat Bunga Vinca Sebagai Obat Kanker

Selain sebagai tanaman hias, rupanya bunga ini juga memiliki manfaat yang selama ini sangat dibutuhkan. Penyakit berbahaya sekelas kanker ternyata mampu disembuhkan dengan tanaman ini. Namun untuk menjadikannya sebuah obat, tidak serta merta langsung dapat digunakan. Sebab beberapa proses harus ditempuh agar tanaman ini benar-benar bisa mengeluarkan manfaatnya.

Di Indonesia sendiri, bunga vinca ini lazim disebut sebagai bunga tapak dara. Pada mulanya, dulu terdapat mitos bahwa tanaman ini mampu menyembuhkan diabetes. Namun setelah pengujian di laboratorium, hasilnya nihil. Kemudian para ahli terus melakukan pengujian, dengan melakukan ekstrak pada tanaman ini. Yang mana pada hasil akhirnya adalah jika hasil ekstrak dari tumbuhan ini di padukan dengan obat lain, maka obat ini akan mampu menyembuhkan penyakit leukemia dan penyakit limfoma stadium akut. Hingga saat ini obat ini terbukti sangat manjur untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Bunga vinca ini dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Sebab untuk cara penanaman dan perawatannya cukup mudah. Bunga ini juga sangat jarang sekali terkena hama dan peyakit. Oleh karena itu, bunga ini dapat tumbuh subur dimana saja, asalkan dengan penanaman dan perawatan yang benar.

Langkah-Langkah Untuk Menanam

Sebagai tanaman hias, biasanya bunga vinca ini ditanama dengan metode digantung. Namun untuk dapat menanamnya tidak bisa dengan sembarangan, ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum menanam vinca ini. Agar bisa menjadi tanaman hias yang indah, berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Mengetahui karakter bunga vinca

Mengapa hal ini sangat penting? Tidak hanya tanaman vinca saja, tetapi untuk keseluruhan jenis tanaman hias. Sebelum anda menamnamnya anda harus terlebih dahulu mengetahui karakter dari tanaman tersebut. Hal ini sangat penting, sebab ketika anda tidak mengetahui karakter dari jenis tanaman yang anda tanam, kemungkinan terburuk adalah tanaman tersebut akan layu dan mati.

Bunga vinca ini adalah jenis tanaman yang cara tanamnya menggunakan biji. Tentu proses tanam dengan biji ini cukup memakan waktu dan sedikit sulit untuk dilakukan. Butuh ketlatenan dan ketelitian agar biji dapat tumbuh dengan baik. Tetapi jika ingin lebih cepat dalam penanamannya, anda bisa melakukan metodestek pada batang bunga tapak dara yang sudah tumbuh untuk ditanam sebagai tanaman baru.

Bunga Vinca, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Karena bunga ini termasuk tanaman yang cocok untuk daerah tropis, salah satu karakternya adalah sangat tahan sekali dengan panas. Selain itu, keindahan dari bunga ini adalah pada warnanya. Bunga ini memiliki keberagaman warna pada bunganya, dan anda bisa menanam beberapa warna pada satu wadah untuk menambah keindahannya.

Cara penanaman bunga vinca

Seperti yang telah diketahui bahwa untuk cara tanam bunga ini bisa dengan menggunakan biji dan juga bisa dengan cara stek. Namun disini akan dijelaskan cara penanaman dengan biji, keunggulannya adalah hasil dari tanaman ini akan lebih unggul dan tahan lebih lama.

Pertama anda harus menyiapkan media tanam, media semai, pupuk (kompos), media tanah dan air. Pada media semai diberi lubang-lubang untuk mengalirkan air. Kedua, biji bunga vinca yang sudah anda siapkan, terlebih dahulu harus direndam selama 2 jam pada air hangat. Ketiga, media penyemaian yang digunakan adalah ¾ bagian, kemudian biji tanaman bunga ini ditanam sedalam 0,5 cm, lalu tutup kembali dengan tanah agar biji tertanam didalamnya.

Proses penyiraman biasanya dilakukan dengan sprayer, dan setelah penyiraman, disarankan untuk ditutup dengan plastik. Hal ini dilakukan agar media tanam bunga vinca tetap terjaga dan berfungsi optimal. Benih yang sudah ditanam tersebut biasanya akan tumbuh dalam waktu 7 hari. Pada saat itu, plastik yang digunakan sebagai penutup tadi bisa anda lepaskan. Kemudian anda bisa memindahkan media tanamnya ke pot yang lebih besar.

Bunga Vinca, Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah
  • Proses pemangkasan

Proses pemangkasan ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh lebih cantik. Pemangkasan bunga tapak dara ini bisa anda lakukan dengan melihat jumlah daun. Jika tanaman ini yang anda tanam sudah berdaun 6, maka pangkaslah 2 daun yang teratas. Lakukan seperti itu seterusnya agar terdapat banyak cabang yang tumbuh. Jika bunga tapak dara anda ini sudah tumbuh besar, anda bisa melakukan pemangkasan secara teratur biar terlihat lebih rapi.

Proses pemupukan

Seperti tanaman yang lain, proses pemupukan pada tanaman ini harus dilakukan secara teratur. Untuk bunga vinca yang baru tumbuh, pupuk NPK sangat cocok diberikan. Berikan 1 sendok the pada setiap pot tanaman dengan diameter 15 cm. Cara pemberian pupuk ini sama dengan cara penyiramanya, yaitu dengan sprayer. Dengan cara ini, pupuk akan mampu tersebar rata sehingga tanaman akan tumbuh rapi.

Dalam kurun waktu 1,5 bulan, tanaman bunga ini anda akan terlihat indah menggantung teras maupun taman mini rumah anda. Anda tetap harus rajin melakukan pemangkasan agar bunga vinca tetap indah dan rapi. Pada masa ini, pemberian pupuk bisa anda lakukan setiap 3 bulan, untuk menghindari pertumbuhan yang terlalu padat pada ranting dan cabangnya.

Pada tanaman ini yang sudah dewasa bisa anda lakukan stek untuk menyemai tanaman baru. Metode stek pada bunga vinca ini bisa lebih cepat pada proses penanamanya. Tetapi hasil yang tumbuh tidak akan mampu bertahan lama seperti penanaman dengan metode biji. Anda bisa menggunakan metode yang mana saja untuk penanamanya, sebab dari kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apakah anda tertarik untuk menanam bunga vinca sebagai tanaman hias di rumah anda? Jika anda tertarik, lakukanlah langkah-langkah penanaman yang sudah dibahas di atas. Jika anda seorang penghobi tanaman hias, jenis ini tidak hanya bisa anda jadikan hiasan dirumah anda, namun bisa juga anda jadikan sebagai bisnis. Ya, saat ini sangat marak bisnis jual beli tanaman hias, dan bunga vinca termasuk salah satu tanaman hias yang sangat diminati, sebab perawatanya yang mudah serta bunganya yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *