Ciri-ciri Tanaman Hias Bunga dan Daun yang Menarik

Ini Beberapa Ciri-ciri Tanaman Hias Bunga dan Daun yang Menarik

Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang mempunyai fungsi untuk mempercantik atau menghias sesuatu. Misalnya untuk menghias ruangan, halaman, taman, dan fasilitas umum lainya. Karena berfungsi untuk mempercantik dan memperindah, sudah ciri-ciri tanaman hias sangat spesifik dengan beragam unsur keindahannya.

Pada dasarnya tanaman hias dibedakan menjadi dua, yaitu tanaman hias yang berasal dari tanaman daun, dan tanaman hias yang memang berasal dari tanaman yang mempunyai bunga. Karena berasal dari dua jenis tanaman yang berbeda, tentunya juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Ciri-ciri tanaman hias dari kedua jenis tanaman tersebut yang akan dibahas di sini.

Tanaman Hias Daun

Tidak semua tanaman hias berupa tanaman yang mempunyai bunga. Tanaman daun pun bisa disebut tanaman hias. Tanaman daun yang digolongkan dalam tanaman hias ini biasanya mempunyai bentuk daun yang unik dan indah. Bisa juga karena corak daunnya yang berwarna warni. Tanaman daun yang mempunyai ciri-ciri tanaman hias diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sri rejeki

Bunga sri rejeki atau yang biasa disebut agloenema mempunyai ciri-ciri daunnya lebar, berbentuk oval dan sebagian laincip di ujungnya. Tanaman ini merupakan tanaman yang batang yang tidak berkambium, memiliki akar serabut dan tidak membutuhkan cahaya matahari yang berlebihan. Sri rejeki akan mudah kering bila terkena panas matahari dan rentan mati saat musim kemarau datang.

2. Apu-apu

Apu-apu Merupakan tanaman yang hidup mengapung di air tenang. Tanaman ini biasa hidup di kolam dan biasa digunakan sebagai tanaman hias pada akuarium. Karena tanaman ini mempunyai kandungan zat yang mampu menyerap logam yang terkandung dalam air, sehingga bisa berfungsi untuk melindungi akuarium agar awet dan tidak lekas rusak.

Ciri-ciri tanaman hias daun apu-apu diantaranya adalah daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang bergelombang. Sedangkan ukuran daun tersebut dibandingkan dengan enceng gondok lebih kecil lagi. Ia lebih dikenal sebagai tanaman hias dalam kolam karena hidupnya memang di air.

3. Ciri Ciri Tanaman Hias Beringin

Beringin juga bisa dijadikan tanaman hias. Bayangan bahwa beringin merupakan tanaman tempat teduh yang tinggi besar menyeramkan tidaklah benar. Tanaman yang termasuk dalam suku ara-araan atau moraceae ini sekarang bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai. Beringin pun sangat cocok dijadikan tanaman hias di luar ruangan. Salah satu ciri-ciri tanaman hias beringin sendiri adalah bentuknya yang rindang sehingga sehat untuk lingkungan.

4. Lidah mertua

Lidah mertua sudah banyak dijadikan orang sebagai tanaman hias. Bukan hanya di halaman depan, kidah mertua juga ditempatkan di dalam ruangan. Karena tanaman yang mempunyai nama latin sansiviera ini mampu menyerap zat beracun yang ada dalam ruangan. Lidah mertua mempunyai ciri daunnya keras, tegak dan ujung meruncing dengan warna daun hijau tua, hijau muda, abu-abu dan juga campuran warna putih dan kuning dan juga hijau dan kuning.

7. Puring

Puring merupakan tanaman yang paling banyak memiliki jenis dan varian. Ada puluhan jenis tanaman puring yang dibedakan berdasarkan bentuk daun dan juga corak warnanya. Tanaman yang merupakan jenis tanaman perdu ini mempunyai bentuk daun yang bermacam-macam.

Ciri-ciri tanaman hias puring sendiri masing-masing jenisnya berbeda. Ada yang panjang, oval, bulat dan juga bergelombang. Demikian juga dengan coraknya, merupakan perpaduan warna hijau, kuning, jingga, merah dan ungu.

Ciri-ciri Tanaman Hias Bunga

Indonesia kaya sekali dengan berbagai jenis flora yang dimilikinya. Termasuk di dalamnya adalah jenis tanaman bunga. Ada ribuan tanaman hias yang berasal dari tanaman bunga. Semua tanaman hias itu mempunyai ciri dan karakteristiknya. Berikut ini akan di bahas ciri-ciri tanaman hias dan contoh tanaman hias bunga yang berasal dari beberapa jenis bunga.

1. Anggrek

Anggrek merupakan jenis tanaman bunga yang mempunyai banyak species. Tanaman anggrek ini termasuk tanaman yang termasuk sulit dalam perawatan dan perkembangbiakannya. Karenanya tanaman ini temasuk tanaman hias yang mempunyai harga jual yang cukup mahal. Beberapa jenis tanaman anggrek yang dikenal diantaranya anggrek bulan, anggrek hitam, anggrek kantong kelopaking dan sebagainya.

2. Bougenvil

Bougenvil merupakan tanaman yang tahan panas, dan biasa digunakan sebagai tanaman hias pada kanopi rumah. Tanaman ini mempunyai beberapa jenis warna yang sangat cantik dan menarik diantaranya warna ungu, pink dan juga putih seperti tanaman cabe hias. Uniknya salah satu ciri-ciri tanaman hias ini adalah, saat waktunya berbunga, ia akan menggugurkan daun-daunnya sehingga bougenvil akan nampak penuh dengan bunga.

3. Melati

Dikenal sebagai tanaman yang menjadi puspa bangsa bagi bangsa Indonesia, bunga melati mempunyai lebih dari 200 bentuk yang dimiliki. Tetapi selama ini yang dikenal masyarakat hanya sekitar 8-9 jenis saja.

Bunga yang sering digunakan sebagai pelengkap pada upacara tradisi Jawa ini ternyata mempunyai banyak bentuk dan warna, bukan hanya putih seperti yang selama ini dikenal. Ada melati putih, melati bintang, melati Jepang, melati kuning dan masih banyak lagi.

Berasal dari tanaman daun maupun bunga, tanaman yang mempunyai ciri-ciri tanaman hias akan tetap terlihat indah dipandang. Menempatkan beberapa tanaman hias di dalam dan di luar ruangan akan membuat rumah terasa lebih nyaman, menarik, dan tentunya juga indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *