Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Dalam Rumah Yang Ampuh

Inilah Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah Terbukti Ampuh

Tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah memang terbukti efektif. Terdapat banyak sekali jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk obat seperti ini secara alami. Bahkan bebas dari polusi-polusi asap yang mengganggu.

Berbagai Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah Terbaik

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang dianggap sangat mengganggu manusia. Selain itu, jenis tertentu biasanya membawa penyakit membahayakan. Misalnya saja DBD dan Malaria. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tanaman alami yang terbukti ampuh untuk mengusirnya:

  1. Serai Wangi

Serai Wangi sebenarnya merupakan salah satu tanaman rempah yang sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan atau minuman. Aroma wanginya yang khas bisa digunakan untuk obat pengusir nyamuk.

Pasalnya nyamuk sangat tidak menyukai aroma dari serai ini. Oleh karena itu, apabila Anda memanfaatkan tanaman ini sebagai pengusir serangga tersebut, maka bisa sangat efektif. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan minyak serai ke tubuh.

  1. Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah yang terbukti paling efektif di dunia. Bahkan banyak obat-obatan anti nyamuk yang menggunakan tumbuhan ini sebagai campuran atau aroma tambahan.

Aromanya yang wangi namun sangat tidak sukai oleh nyamuk. Hal tersebut karena di dalam lavender ternyata mengandung senyawa Linalool dan Lynalyl. Kedua zat tesebut merupakan sesuatu yang sangat dibenci serangga ini.

  1. Rosemary

Pada dasarnya nyamuk memang sangat tidak menyukai aroma wangi yang menyengat. Salah satu tumbuhan dengan kelebihan ini adalah Rosemary sehingga bisa digunakan sebagai tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah.

Selain itu, ternyata tumbuhan dengan bunga warna ungu ini memiliki daya tahan yang cukup baik untuk dijadikan obat pengusir nyamuk. Ia juga tahan terhadap sinar matahari sehingga bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias polybag

  1. Lemon Balm

Tanaman lain yang terbukti efektif untuk mengusir nyamuk adalah Lemon Balm. Ia merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan aroma menyengat karena mengandung Sitronelal yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Bahkan sebagai salah satu tumbuhan anti nyamuk, ternyata juga memiliki nektar yang sangat cantik. Bahkan kupu-kupu yang menyukainya juga akan berdatangan.

  1. Catnip

Catnip atau Napeta Cataria adalah salah satu jenis tanaman untuk mengusir nyamuk. Dikenal memiliki bau khas menyengat yang tidak disukai serangga, menjadikannya efektif apabila diaplikasikan ke dalam ruangan.

Sayangnya Anda harus berhati-hati jika memiliki kucing peliharaan di dalam rumah. Pasalnya tanaman ini diketahui seperti ganja bagi binatang tersebut sehingga setelah mereka memakannya akan langsung bertingkah menggemaskan.

  1. Mosquito Plant

Mosquito Plant, seperti namanya merupakan jenis tumbuhan anti nyamuk. Salah satu jenisnya adalah Southerwood dengan khasiat sama bahkan terbukti paling efektif hingga masyarakat Australia terkenal sering memanfaatkannya.

Cara kerja bibit bunga hias dari tanaman ini adalah dengan menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi Karbondioksida (CO2) sehingga bisa terusir secara otomatis. Akan tetapi, supaya lebih optimal lagi khasiatnya, Anda harus mengoleskannya ke kulit.

Cara Kerja Tanaman Anti Nyamuk

Tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah yang diketahui juga memiliki fungsi sebagai obat anti serangga ini ternyata memiliki mekanisme kerja sendiri supaya lebih efektif. Sebab, jika hanya dipasang sebagai tumbuhan saja, efek yang ditimbulkan sangat kecil.

Aroma yang sering muncul dari tanaman tersebut tergolong lemah sehingga tidak bisa membunuh nyamuk. Akan tetapi, hanya mencegah serangga tersebut untuk tidak masuk ke dalam rumah. Namun, terdapat cara supaya tumbuhan-tumbuhan tersebut bisa bekerja efektif.

Caranya yaitu dengan mengekstraknya untuk diambil minyak atau sari tanaman tersebut kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang mungkin berinteraksi dengan nyamuk. Bisa juga membuatnya menjadi spray supaya bisa bekerja lebih optimal.

Cara Memilih Tanaman pengusir nyamuk

Dalam memilih tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah pun harus dilakukan dengan benar dan teliti. Pasalnya tidak semua tumbuhan bisa berpengaruh seefektif mungkin. Anda harus memilihnya sesuai efek yang ditimbulkan.

Semakin spesifik efek dan aroma, biasanya akan lebih efektif untuk mengusir nyamuk. Kemudian langkah kedua jika tanaman ini digunakan untuk indoor, maka Anda harus menyesuaikan dengan ukuran potnya.

Selain sebagai obat anti nyamuk juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias sehingga Anda pun harus menatanya supaya nampak rapi dan justru bukan sebaliknya. Pilihlah pot sesuai dengan besar tanaman yang dipilih. Misalnya saja Lemon Balm, maka tak perlu wadah terlalu besar.

Sedangkan untuk tanaman dengan akar dangkal dan kuat seperti cabe hias misalnya, maka Anda harus memilih ukuran yang tebal, pendek dan diameter besar.

Demikian informasi seputar tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah yang bisa dijadikan referensi. Memang tidak semuanya akan langsung bekerja secara efektif, akan tetapi memerlukan beberapa perlakuan terlebih dahulu supaya benar-bener optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *