Contoh Tanaman Hias Buah dan Karakteristiknya

10. Contoh Tanaman Hias Buah dan Karakteristiknya

Masyarakat perkotaan sudah banyak yang menerapkan konsep desain back to nature dalam mendekorasi rumah. Hal ini karena di perkotaan jarang ditemukan pemandangan yang masih alami dengan berbagai macam tanaman. Saat ini telah banyak ditemukan tanaman hias sebagai pelengkap dekorasi rumah. Kali ini akan dibahas mengenai salah satunya, yaitu contoh tanaman hias buah.

Tanaman hias bunga dan daun sudah umum digunakan untuk membuat suasana rumah lebih segar. Namun, ternyata pohon buah juga dapat digunakan sebagai hiasan di rumah Anda. Tentu saja pohon buah yang digunakan untuk hiasan mempunyai lebih banyak daya tarik dari tanaman hias lainnya. lalu apa saja contoh tanaman hias buah tersebut? Simak ulasan berikut.

Pohon Apel Kerdil

Pohon apel kerdil ini bisa ditanam menggunakan medium pot. Teknik penanaman cangkok atau grafting bisa diterapkan ketika ingin membudidayakan pohon ini di medium pot. Bentuk buah yang dihasilkan akan nampak lebih kecil dan warna merah pada buahnya juga semakin pekat. Namun jangan khawatir, hal ini justru akan mebuat pohon apel ini lebih menarik ketika dipandang.

Blackberry

Blackberry merupakan salah satu tanaman hias buah karena pohon ini bisa diletakkan di dalam pot. Cara merawatnya juga tergolong mudah, hanya membutuhkan media tanam humus, penyiraman secara rutin dan penyinaran matahari yang penuh. Buah ini selain berguna untuk memperindah ruangan juga mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi bagi orang yang mengkonsumsinya.

Contoh Tanaman Hias Tomat Ceri

Contoh tanaman hias buah selanjutnya adalah tanaman tomat ceri. Tanaman ini merupakan tanaman yang pertumbuhannya menjulur bersama dedaunan. Sehingga, medium pot sangat cocok sebagai tempat untuk menanamnya. Apabila Anda memasak bisa langsung memetik pohonnya. Selain itu buah ini juga dapat memperkuat imun Anda.

Zaitun

Zaitun juga bisa ditanam di medium pot. Pohon ini bisa dijadikan sebagai pelengkap dekorasi indoor maupun outdoor. Jika ingin memilih pot pada tanaman ini pilihlah pot yang berukuran kecil. Tanaman ini mempunyai ukuran yang ramping dan terlihat kering, jadi pot ukuran kecil sesuai dengan ukurannya. Buah zaitun pun bermanfaat baik untuk bahan kosmetik maupun penyedap makanan.

Naga Mini

Buah ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari biasanya. Tanaman ini juga di jadikan contoh tanaman hias buah. Bentuk batang serta warna buahnya sangat unik jadi akan terlihat menarik jika dijadikan sebagai salah satu pelengkap dekorasi. Selain sebagai hiasan, buah ini juga mempunyai beragam manfaat diantaranya dapat menstabilkan kadar gula darah dan melancarkan sistem pencernaan.

Sawo

Sawo yang dikenal dengan bahasa latin manilkara zapota juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu contoh tanaman hias buah. Media pot bisa digunakan untuk menanam buah ini. Biasanya pohon sawo digunakan sebagai hiasan untuk luar ruangan.

Manfaat yang didapatkan dari pohon ini juga beragam selain untuk hiasan juga bisa di makan buahnya. Buahnya memiliki rasa yang manis dan berwarna coklat.

Jeruk Nagami

Jeruk nagami merupakan tanaman yang berasal dari Jepang. Tanaman ini merupakan salah satu contoh tanaman hias buah yang tidak kalah menarik. Buahnya mempunyai keunikan tersendiri yang dapat menarik perhatian.

Selain merupakan salah satu bibit bunga hias, buah pada tanaman ini bisa dimakan tanpa mengupas kulitnya. Bentuk buahnya bulat lonjong dan sangat kecil dan rasanya manis segar.

Jeruk Kingkit

Tanaman ini berasal dari Malaysia. Jeruk kingkit atau jeruk ranti merupakan saudara dari tanaman jeruk. Warna buah dan daun pohon ini sangat menarik, sehingga cocok digunakan sebagai tanaman hias di rumah Anda. Pohon ini memiliki daun yang berwarna hijau mengkilat dan buah yang berwarna merah untuk yang sudah matang dan hijau jika belum. Bentuknya bulat kecil berdiameter 1,5 cm.

Contoh Tanaman Hias Himalaya Mulberi

Salah satu contoh tanaman hias buah selanjutnya adalah Himalaya mulberry atau Mulberry panjang. Tanaman ini sangat mudah perawatannya karena tidak memerlukan pupuk dan penyiraman yang sering. Baca juga : tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah

Apabila buahnya masih sangat muda berwarna hijau setengah matang, jika sudah matang warnanya merah muda kehijauan. Buah ini memiliki rasa yang enak dan bisa langsung dikonsumsi.

Contoh Tanaman Hias Cabe Pelangi

Warna cabe hias yang terdapat pada tanaman ini terlihat seperti pelangi, maka disebut sebagai cabai pelangi. Tanaman ini juga cocok untuk hiasan di rumah Anda. Berbagai macam manfaat dapat Anda dapatkan ketika menanamnya baik dari segi kesehatan, keindahan hingga dapat dikonsumsi. Rasa pedas yang dihasilkann dari cabai ini sedikit dibawah capai rawit.

Perawatan pada salah satu contoh tanaman hias buah ini juga sangat sederhana seperti cabe biasa. Siram dan pupuk secara rutin supaya bisa berbuah banyak. Sediakan pot yang terdapat banyak lubang supaya sirkulasi air berjalan dengan baik, sebab tanaman ini tidak membutuhkan banyak air. Merawat tanaman ini pasti akan sangat menguntungkan apalagi cabe sangat dibutuhkan bagi Anda pecinta makanan pedas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *