Tanaman Hias Pagar Terbaik untuk Rumah Anda

Tanaman Hias Pagar Terbaik untuk Rumah Anda
Tanaman Hias Pagar Terbaik untuk Rumah Anda

Tanaman hias pagar merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan di pagar rumah. Mengingat pagar adalah komponen penting dalam sebuah hunian, pastikan memilih tanaman hias yang tepat seperti cabe hias dan bonsai agar suasana rumah semakin indah dan sejuk dipandang.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Pagar yang Dapat Dijadikan Pilihan

Saat ingin menghias pagar dengan tanaman, ada berbagai pilihan jenis tanaman hias yang bisa dipilih. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan antara konsep hunian dengan jenis tanaman. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  • Tanaman Teh-Tehan

Tanaman hias pagar pertama adalah teh-tehan. Termasuk jenis tanaman semak yang dapat tumbuh lebat dengan daun berwarna hijau muda. Disebut dengan teh-tehan karena mirip dengan daun teh yang ada di puncak. Sangat cocok untuk pagar rumah karena mudah dibentuk dan dipangkas.

Anda bisa membentuk dan memangkas tanaman ini sesuai dengan modal yang diinginkan. Mulai dari bulat, spiral, kotak, bintang dan banyak lagi lainnya.

  • Tanaman Hias Cedar

Pohon satu ini banyak dikenal sebagai cemara-cemaraan di Indonesia karena bentuknya yang mirip pohon cemara. Tanaman hias pagar tersebut sangat recommended untuk dijadikan pagar pada hunian besar seperti villa. Jika dibiarkan dalam waktu lama, Cedar bisa memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi.

Bahkan, bisa menutupi bangunan rumah saking tingginya. Sehingga, tanaman hias tersebut kurang cocok untuk tipe hunian minimalis. Baca juga : Macam Macam Bunga Puring

  • Tanaman English Ivy

Jenis tanaman hias pagar berikutnya yang tidak kalah menarik adalah English Ivy. Bisa diaplikasikan pada pagar rumah yang telah dibangun. Karakter utama dari tumbuhan satu ini adalah ia akan menjalar sesuai dengan tempat yang ia pijaki.

Dalam jangka waktu tertentu, English Ivy akan menjalar dan menutup pagar rumah Anda. Namun, hal itu memberikan kesan yang indah dan unik asal dirawat dengan baik.

Tanaman Hias Pagar Kamboja Jepang

Selain beberapa jenis tanaman di atas, Anda juga bisa memilih Kamboja Jepang sebagai pagar. Tumbuhan ini sudah cukup dikenal di tengah masyarakat. Dengan ketinggian yang cukup, yakni bisa mencapai 3,6 meter, tanaman ini akan membuat pagar rumah semakin asri dan rindang. Baca juga : Klasifikasi Pucuk Merah

Tanaman hias pagar Kamboja Jepang juga memiliki keunikan tersendiri. Yaitu bisa menghasilkan bunga berwarna putih indah saat musim semi tiba. Selain itu, aromanya wangi layaknya jeruk.

  • Tanaman Boksus

Selanjutnya adalah tanaman Boksus yang sudah dikenal lama sebagai tanaman untuk pagar. Menariknya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dengan ketinggian mencapai 6 meter. Karakteristik utama tanaman Boksus di Indonesia adalah memiliki daun yang lebat serta tumbuh dengan subur.

Jika sudah mulai tumbuh, Anda bisa membentuk tanaman ini sesuai selera untuk pagar rumah. Namun, pastikan tidak salah bentuk agar tetap indah dan menawan.

  • Tanaman Scarlet Firethorn

Scarlet Firethorn juga merupakan salah satu tanaman hias pagar yang menarik. Terbilang unik dan lain dari pada yang lain karena tumbuhan ini dipenuhi oleh duri. Selain itu, Scarlet Firethorn juga memiliki batang atau cabang yang kaku.

Selain menawarkan duri sebagai pelindung, tanaman tersebut juga memiliki bunga-bunga putih cantik serta buah berwarna oranye. Ini akan membuat pagar rumah semakin indah dan berwarna.

  • Tanaman Spirea

Tanaman hias pagar selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan tanaman hias murah terbaik adalah Spirea. Cocok untuk dijadikan pagar dengan ketinggian yang tidak begitu mencolok, yakni mencapai 2,5 meter. Spirea memiliki karakteristik utama berupa dedaunan yang sangat halus dan mudah berguguran.

Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi oleh bunganya yang sangat indah berwarna putih atau pink. Keunggulan tanaman Spirea di Indonesia adalah ia dapat hidup dengan mudah dan subur.

Tanaman Hias Pagar Bunga Mentega

Bunga Mentega atau yang memiliki nama lain Oleander adalah tanaman pagar yang sangat cantik untuk dipilih. Selain cantik, ia juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Karakteristik utamanya adalah memiliki daun yang cenderung gelap dan kasar.

Adapun bunganya memiliki warna putih, merah, pink dan persik saat mekar. Hanya saja, tanaman hias ini beracun sehingga harus dihindarkan dari jangkauan anak-anak dan hewan.

  • Tanaman Juniper

Berikutnya adalah Juniper yang tergolong jenis tanaman merambat. Tumbuhan ini bisa merambat di pagar rumah apabila diberi pola pagar. Selain itu, juga bisa dibentuk sesuai dengan keinginan asalkan dirawat dengan baik dan sering dibersihkan.

Menariknya, pertumbuhan dari tanaman Juniper terbilang sangat cepat. Selain itu, tekstur daun dan batangnya juga tidak begitu kaku sehingga sangat mudah dipangkas dan dibentuk.

Berbagai tanaman hias pagar di atas sangat cocok untuk dijadikan pilihan karena tidak hanya indah namun juga mudah tumbuh di Indonesia. Akan tetapi, Anda harus pandai memilih jenis tanaman agar semakin serasi dengan model rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *