Bentuk Daun Kelapa yang Unik dan Manfaatnya

Ini Penjelasan Bentuk Daun Kelapa yang Unik
Ini Penjelasan Bentuk Daun Kelapa yang Unik

Pohon kelapa dikenal sebagai tanaman multifungsi. Dimana semua bagian dari pohon tersebut mempunyai manfaat dan tidak ada yang terbuang. Mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan buah, semua bisa digunakan. Termasuk bagian daun yang terlihat sepele, ternyata juga mempunyai banyak manfaat. Bentuk daun kelapa sendiri tampak cukup unik dan terbagi dalam beberapa bagian yang juga punya fungsi masing-masing.

Bagi masyarakat Indonesia, tanaman kelapa sudah tidak asing lagi. Tanaman yang banyak dijumpai di pantai ini juga merupakan komoditi andalan ekspor negara Indonesia. Mengenai daun kelapa, bagian tanaman ini mempunyai keunikan tersendiri. Baik secara morfologi maupun manfaat. Sedangkan bagaimana bentuk daun kelapa kali ini akan dibahas lebih jauh dalam ulasan berikut.

Bentuk Daun Kelapa Secara Umum

Bentuk daun kelapa bila diperhatikan mempunyai kemiripan dengan bulu ayam atau bulu burung. Daun tersebut berbentuk tunggal dan tersusun dari dua sisi anak daun dengan ukuran panjang hingga mencapai satu meter. Sementara luas masing-masing sisi daun hanya sekitar 3 CM. Kedua sisi anak daun ini disatukan oleh lidi yang juga berfungsi sebagai tulang jari dengan panjang sama dengan panjang daun.

Daun kelapa tumbuh pada bagian tanaman kelapa yang biasa di sebut pelepah. Pelepah daun kelapa hampir sama fungsinya dengan ranting pada tanaman lain yang mempunyai fungsi sebagai tempat tumbuh atau melekatnya daun. Daun kelapa ini tersusun secara teratur berbaris dua di sisi kanan dan kiri pelepah, dengan susunan yang rapat berjajar secara teratur dari pangkal pelepah hingga ke ujung.

Bentuk Tulang Daun Kelapa

Tulang daun adalah bagian dari bentuk daun kelapa yang berfungsi untuk memberi kekuatan pada daun. Selain sebagai kekuatan, tulang daun juga berfungsi sebagai pengangkut zat-zat baik dari akar ke bagian daun, maupun mengangkut zat dari daun ke bagian lain yang merupakan hasil proses fotosintetis. Baca juga : macam macam bunga puring

Tulang daun kelapa ini berbentuk tunggal. Ia melekat pada pelepah kelapa dan berderet rapi dengan jarak yang sama dari pangkal pelepah hingga ujung pelepah. Tulang daun kelapa yang disebut lidi ini berada pada bagian tengah daun dan merupakan bagian yang menyatukan kedua sisi anak daun. Ukuran panjang tulang daun sama dengan panjang daun itu sendiri.

Tulang daun kelapa saat masih muda mempunyai warna yang sama dengan warna daunnya, yaitu berwarna kuning. Tekstur tulang daun kelapa yang masih muda adalah lentur dan mempunyai ukuran yang belum terlalu panjang. Semakin tua daun kelapa, tulang daun juga berubah menjadi hijau hingga coklat pada tulang daun yang sudah tua. Teksturnya sendiri juga berubah menjadi kasar, keras dan mudah patah.

Warna daun kelapa

Daun tanaman kelapa mengalami perubahan warna beberapa kali mulai dari masih tunas hingga menjadi daun kelapa yang sudah tua. Pada saat masih muda dan kuncup, daun kelapa mempunyai warna hijau kekuningan. Saat daun sudah mulai agak besar, warna daun berubah menjadi kuning bersih. Pada fase ini orang menyebut daun kelapa dengan sebutan janur, atau daun kelapa yang masih muda.

Setelah pelepah daun mulai membuka, warna daun kelapa berubah lagi menjadi hijau tua. Pada fase ini, bentuk daun kelapa sudah mencapai bentuk yang sempurna dari semua fase pertumbuhannya. Baik dari bentuk daun, ukuran dan juga kekuatan daun sudah mencapai puncak pertumbuhannya. Warna hijau tua ini akan terus bertahan sampai pada fase daun tua hingga akhirnya akan mengering atau mati.

Setelah itu daun kelapa perlahan akan menjadi tua. Terkadang pelepah daun akan bisa bertahan pada batang pohon hingga benar-benar mengering. Terkadang, ada juga yang sudah terlepas dari batang dan jatuh saat daun belum kering. Daun kelapa yang sudah tua dan mengering akan berubah warna menjadi coklat. Teksturnya pun berubah menjadi kasar dan juga kering. Baca juga : Tanaman Hias Pagar

Manfaat Daun Kelapa Dengan Bentuknya yang Unik

Berbicara tentang bentuk daun kelapa tak akan lengkap tanpa membahas manfaat dari daun kelapa. Karena tidak bisa dipungkiri, daun kelapa mempunyai manfaat yang sangat banyak. Mulai dari daun kelapa yang masih muda, tua, bahkan saat daun kelapa sudah mengering, ia tetap mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Daun kelapa yang masih muda dan berwarna kuning bisa dimanfaatkan sebagai bahan dekorasi ruangan. Yaitu dengan cara merangkainya menjadi kembang mayang. Kembang mayang merupakan ornamen yang dipakai dalam upacara adat pengantin Jawa. Daun kelapa muda juga dipakai sebagai pembungkus makanan seperti ketupat dan lepet.

Sementara daun kelapa yang sudah tua dan berwarna hijau tua bisa digunakan untuk atap rumah dan atap kandang. Di perkampungan pelosok, rumah atau kandang dengan atap daun kelapa masih banyak dijumpai. Atap bisa dibuat dengan cara menganyam daun kelapa tanpa melepasnya dari pelepah. Daun kelapa yang sudah kering juga bisa dimanfaatkan untuk dibakar.

Bentuk daun kelapa memang sangat sederhana. Tetapi dari bentuknya yang sederhana ini ternyara begitu banyak manfaat yang bisa di ambil seperti jenis cabe hias juga memiliki banyak manfaat. Tentu saja ini bagian dari kekayaan alam yang memang harus dimanfaatkan dengan baik sesuai fungsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *