Apakah Cabe Pelangi Bisa DiMakan?

Apakah Cabe Pelangi Bisa Di Makan?

apakah cabe pelangi bisa dimakan? Cabe menjadi salah satu tanaman yang sangat disukai sebagai bumbu masakan atau teman makan gorengan. Rasanya yang pedas memberikan sensasi tersendiri di lidah dan sering membuat ketagihan. Ada banyak jenis tanaman cabe yang sudah dikenal dan memang dapat dimasak dan dimakan seperti cabe rawit, cabe keriting maupun cabe hijau.

Varietas cabe menjadi bertambah dengan kehadiran tanaman cabe yang unik yaitu cabe pelangi atau cabe rainbow. Sesuai dengan namanya, cabe jenis ini mempunyai warna-warni menarik seperti pelangi yaitu merah, kuning, ungu dan oranye. Keunikan warna cabe ini menarik perhatian dan sering difungsikan sebagai tanaman hias. Warna cabe pelangi sebagai tanaman hias dapat membuat taman di rumah terlihat semarak.

Tanaman cabe yang unik ini memang bagus sebagai tanaman hias. Warna-warninya menarik tetapi kemudian ada keraguan tentang manfaat dari tanaman cabe jenis ini. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah cabe pelangi bisa dimakan?  Ada juga pertanyaan tentang manfaat serta rasa dari cabe pelangi.

Cabe pelangi pertama kali dikembangkan di Meksiko yang kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Cabe varietas ini awalnya buah akan berwarna ungu lalu berubah kuning kemudian oranye dan saat matang menjadi merah. Perbedaan tingkat kematangan inilah yang kemudian menjadikan tanaman cabe pelangi menjadi berwarna-warni. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman cabe pelangi atau cabe rainbow.

Sumber Vitamin dan Mineral

Semua varietas cabe termasuk cabe pelangi mengandung vitamin C yang tinggi dan vitamin B kompleks. Bahkan kandungan vitamin C pada cabe lebih tinggi daripada buah mangga dan nanas. Kandungan mineralnya yaitu kalsium dan fosfor dapat diperoleh dari asupan cabe. Pada bagian biji cabe mengandung steroid saponin, solanine, solamargine dan salamadine. Biasanya ketika makan cabe pasti beserta bijinya.

Sehingga apakah cabe pelangi bisa dimakan? Saat makan cabe pelangi dapat memperoleh asupan vitamin dan mineral sekaligus. Tidak perlu khawatir untuk makan cabe pelangi karena merupakan varietas cabe yang aman dan tidak hanya sekedar untuk tanaman hias semata. Cabe pelangi juga mempunyai rasa pedas hanya saja tidak terlalu pedas dibandingkan varietas cabe pada umumnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh yang baik dapat mencegah dari penyakit-penyakit akibat virus, bakteri dan radikal bebas. Cabe pelangi mengandung vitamin B dan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga mencegah radikal bebas masuk ke tubuh. Apabila sering makan makanan yang bercita rasa pedas atau sering menyantap cabe maka dapat menjadi sumber antioksidan. Antioksidan dari cabe pelangi baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Cabe Pelangi Mengurangi Rasa Sakit

Cabe pelangi seperti varietas cabe lainnya mengandung capcaisin sebagai senyawa utama bio aktif. Sifat dari capcaisin ini adalah mengurangi rasa sakit dengan cara yang unik. Cara kerja dari capcaisin yaitu mempengaruhi reseptor rasa sakit agar tidak menjadi sensitif terhadap rasa sakitnya.

Reseptor rasa sakit akan mengalihkan menjadi lebih fokus pada sensasi rasa terbakar dari capcaisin. Namun hanya sensasinya saja dan tidak memberikan luka bakar. Capcaisin yang ada pada cabe pelangi kadarnya tidak terlalu banyak apabila dibandingkan dengan jenis cabe lainnya. Tetapi kandungan capcaisin di cabe pelangi memiliki fungsi sama untuk mengurangi rasa sakit.

Memperbaiki Pencernaan

Apakah cabe pelangi bisa dimakan? Sangat bisa dan tidak perlu khawatir karena kandungannya sama dengan tipe cabe hias lainnya seperti yang selama ini dimakan. Capcaisin yang terkandung di cabe pelangi dapat merangsang produksi cairan di lambung yang berfungsi menenangkan masalah pada perut. Namun yang sering terjadi adalah justru tidak makan cabe apabila terdapat masalah gangguan pada perut.

Capcaisin juga dapat sebagai antibakteri yang membunuh bakteri H. Pylori. Bakteri ini sering mengganggu area gastrointestinal sehingga menimbulkan masalah di perut. Jika sering makan cabe asalkan tidak terlalu banyak justru baik untuk kesehatan lambung dan saluran pencernaan. Cabe dapat pula melancarkan pembuangan air besar.

Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Vitamin C dan capcaisin yang terkandung di cabe pelangi menjadi sumber antioksidan. Kedua zat tersebut dapat membantu dalam mengurangi terjadi resiko penyakit kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker. Pertumbuhan sel kanker dapat dihambat apabila sering makan cabe termasuk cabe pelangi ini.

Capcaisin dan vitamin C dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker usus besar. Sedangkan likopen pada cabe pelangi menghambat pertumbuhan sel kanker leher rahim dan kanker kandung kemih. Sehingga apabila ada pertanyaan, apakah cabe pelangi bisa dimakan? Maka jawabannya adalah tidak masalah karena memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sekarang ini berbagai penyakit kognitif sering terjadi seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Kedua penyakit tersebut umumnya terjadi pada yang telah berusia lanjut. Untuk mencegah penyakit lansia tersebut maka harus memenuhi asupan vitamin, mineral dan zat bergizi lainnya. Apabila telah terbiasa makan cabe atau pedas maka dapat membantu mencegah timbulnya penyakit di usia lanjut. Namun sebaiknya tidak boleh banyak.

Peredaran darah dan peredaran oksigen yang lancar pada metabolisme tubuh dapat berpengaruh pada kesehatan. Cabe pelangi memiliki zat antioksidan, vitamin, mineral dan kandungan lainnya untuk melancarkan peredaran di metabolisme tubuh. Sehingga apabila menambah cabe pelangi di dalam asupan makanan sehari-hari akan membantu mencegah kedua penyakit kognitif di usia lanjut.

Menurunkan Berat Badan

Siapa yang mengira bahwa makan cabe dengan rasa pedas dapat membantu menurunkan berat badan. Capcaisin yang terkandung di cabe pelangi inilah sebagai penurun berat badan melalui cara perubahan energi panas. Ketika makan cabe dan kepedasan maka biasanya timbul keringat dan ini akan membakar lemak.

Cabe pelangi yang melancarkan pembuangan air besar juga berpengaruh pada penurunan berat badan. Proses metabolisme yang lancar dapat meningkatkan fungsi organ dengan baik. Lemak dan zat sisa makanan yang tidak terpakai nantinya akan dibuang melalui saluran pencernaan sehingga penting agar menjaga fungsi maupun kesehatan saluran pencernaan.

Cabe Pelangi Bisa dimakan Untuk Menambah Kenikmatan Makan

Apakah cabe pelangi bisa dimakan? Cabe pelangi sama seperti jenis cabe hias lainnya yang dapat dimakan. Hanya saja rasa pedas dari cabe pelangi ini sangat rendah sehingga bagi yang penyuka rasa pedas mungkin akan tidak terasa. Namun dengan menambahkan cabe pelangi saat menyantap makanan dapat menambah selera makan.

Warna-warni cabe pelangi dapat berfungsi sebagai hiasan pada hidangan makanan. Warna dari cabe pelangi ini jika ditata dengan baik di atas makanan akan tampak cantik. Sehingga cabe pelangi nanti dapat multifungsi yaitu hiasan sekaligus penambah selera makan. Warna-warni cabe pelangi memberi cita rasa tersendiri dalam sebuah hidangan.

Cabe pelangi ini merupakan variasi persilangan jenis cabe yang membuatnya menjadi warna-warni menarik. Apakah cabe pelangi bisa dimakan? Sangat bisa dan tidak perlu khawatir karena termasuk dalam cabe yang aman dimakan mentah maupun dicampur dalam masakan. Hanya saja cabe pelangi tidak terlalu pedas dibandingkan cabe biasanya namun tetap aman untuk dimakan. selain itu jenis ini sangat cocok di jadikan tanaman hias indoor untuk penghias ruangan anda agar lebih sejuk dan juga menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *