Berikut ini 15 Jenis Cabe Hias Belum Anda Ketahui

Berikut ini 15 Jenis Cabe Hias Belum Anda Ketahui – Cabai adalah jenis tanaman yang sangat familiar dimasyarakat kita Indonesia karena sebagian besar dari kita adalah pecinta pedas. Hampir semua jenis masakan khas Indonesia menggunakan rempah yang bernama cabe. Lidah orang Indonesia juga kebanyakan tidak akan merasa puas jika memakan makanan yang tanpa cabe didalamnya. Meskipun pecinta cabe namun ternyata hanya sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang mengetahui  bahwa cabe sebenarnya mempunyai berbagai macam jenis.

Selama ini yang diketahui dan familiar dimata masyarakat hanyalah cabe rawit, cabe keriting dan paprika saja. Padahal ternyata jenis cabe- cabean ada banyak jenis dan ukurannya. Bahkan, kebanyakan dari varietas cabe yang jarang diketahui orang adalah jenis cabe yang biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Meskipun begitu, karena manfaat utama cabe adalah sebagai bumbu dan penambah rasa pedas, maka kebanyakan dari cabe- cabe ini tentu bisa dimanfaatkan juga sebagai bumbu dapur.

Dibawah ini adalah 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui dan belum familiar dimata masyarakat:

  1. Sparkler
Jenis cabe hias sparkler

Cabe sparkler termasuk ke dalam golongan Capsicum Annum yang memiliki pohon sangat pendek tapi buah yang dihasilkan sangat ramai. Bentuk pohonnya adalah berupa tanaman perdu yang cenderung ke bulat. Tingkat atau level kepedasan cabe ini hampir sama dengan cabe rawit. Selain untuk hiasan, cabe ini juga tergolong cabe yang bisa digunakan untuk kebutuhan dapur.

2. Lemon Drop

jenis cabe hias Lemon Drop

Yang kedua adalah cabe Lemon drop atau disebut juga Pepper Hot Lemon. Cabe ini berwarna kuning segar yang sangat cerah. Dinamakan Lemon Drop karena rasanya unik terdapat sedikit rasa citrus dan juga memiliki warna kuning mengkilap seperti buah lemon. Bibit Cabe Hias ini berasal dari negara Peru. Ketika masih muda berwarna hijau dan jika sudah matang berwarna kuning. Cabe ini bisa dipanen ketika berumur 80 hari.

3. Purple Ufo

jenis cabe hias purple ufo

Salah satu dari 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui selanjutnya yaitu cabe Purple Ufo. Cabe Purple Ufo merupakan cabe yang termasuk ke dalam golongan Capsicum Annum sama dengan cabe rawit hijau. Golongan Anuum terkenal dengan cabe yang lebih cepat berbuah dibandingkan dengan jenis Capsicum Chinense. Buahnya lumayan besar meskipun tidak sebesar paprika. Tapi level pedasnya berada diatas cabe rawit, padahal biasanya jenis anuum ini lebih sering berasa hambar atau dibawah level rawit.

4. Bolivian Rainbow

jenis cabe hias Bolivian Rainbow

Cabe hias satu ini berasal dari negara Bolivia dan dalam satu pohon terdapat bermacam- macam warna seperti pelangi. Itulah kenapa cabe ini dinamakan dengan cabe Bolivian Rainbow. Cabe ini berukuran kecil, buah agak bulat, berdaun gelap dan tingkat kepedasannya sedang. Cabe ini memiliki 4 tahapan warna. Ketika muda cabe ini berwarna ungu, kemudian berubah menjadi kuning, berubah lagi menjadi orange dan setelah matang berwarna merah.

5. Billy Goat

jenis cabe hias billy goat pepper

Cabe jenis ini merupakan cabe hias yang mempunyai rasa sangat pedas. Daging buahnya agak tebal, ketika mudah warnanya hijau, kemudian berubah menjadi orange dan saat matang berwarna merah tua. Cabe ini buahnya menyerupai pendant dan aromanya mirip buah cherry. Cabe ini termasuk kedalam jenis tanaman prolific.

6. Yellow Chaputinho

jenis cabe hias Yellow Chaputinho

Selanjutnya yaitu cabe Yellow Chaputinho yang mempunyai karakter unik. Dalam satu pohon buahnya bisa mencapai 300 buah. Saat mentah berwarna hijau tua, kemudian jadi hitam, dan saat matang berwarna orange. Cabe ini memiliki level kepedasan tingkat sedang.

7. Red Lantern

jenis cabe hias Red Lantern

Urutan nomer tujuh dari 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui yaitu Red Lantern. Cabe ini masuk kedalam golongan Capsicum Chinense. Saat mentah warnanya hijau muda, dan ketika matang berwarna merah segar. Bentuk buahnya sangat khas sekali yaitu meruncing kebawah. Cabe ini memiliki tingkat kepedasan selevel Habanero tetapi tidak langu.

8. Candle Light

jenis cabe hias  Candle Light

Cabe ini disebut juga cabe tumpuk karena bertumpuk pada satu tangkainya menyerupai posisi lilin menyala yang bertumpuk. Itulah kenapa dinamakan Candle Light. Cabe ini juga bisa dimakan dan cocok ditanam secara berkelompok karena akan menghasilkan tanaman yang sangat indah, terutama jika di jadikan sebagai tanaman hias indoor di rumah anda.

9. Habanero Adalberto

jenis cabe hias red habanero

Cabe ini disebut juga cabe gendol atau cabe gendot. Tingkat kepedasannya berada dilevel tinggi melebihi cabe rawit. Cabe ini berasal dari Amazon dan bisa tumbuh juga di Indonesia. Cabe ini juga merupakan jenis tanaman yang berbunga abadi jika dirawat dengan baik dan bisa berbuah sepanjang tahun.

10. Giant Jalapeno

jenis cabe hias Giant Jalapeno

Selanjutnya ada varietas cabe Giant Jalapeno yang juga merupakan salah satu dari 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui. Cabe ini memiliki nama lain Mammoth Jalapeno karena memiliki ukuran yang jumbo hingga 2 kali ukuran Jalapeno biasa. Cabe jenis ini memiliki skin pod yang retak- retak dan diluar negeri dijadikan sebagai acar.

11. Yellow Devil’s Tongue

Yellow Devil’s Tongue

Cabe jenis ini dinamakan Yellow Devil’s Tongue karena berwarna kuning seperti lemon, beraroma cytrus dan memiliki level kepedasan setingkat Habanero yang sangat pedas sampai bisa menangis saat memakannya. Itulah kenapa yang bisa memakan cabe jenis ini hanya yang mempunyai lidah kuat pedas saja (lidah setan).

12. Cajamarca

Cajamarca

Cabe satu ini berasal dari negara Peru dan memiliki khas cabang yang berbulu. Tingkatan warnanya dari mentah ke matang yaitu berawal dari hijau muda, ungu, kuning, orange dan kemudian menjadi merah. Cabe ini sangat produktif dan perawatannya pun cukup mudah.

13. Pimenta Puma

Pimenta puma

Pimenta puma juga merupakan salah satu dari 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui yang memiliki penampilan berbeda. Cabe ini mempunyai warna yang tidak biasa yaitu berwarna ungu tua nyaris hitam ketika muda dan coklat gelap mengkilat sedikit kekuningan saat matang. Cabe ini merupakan cabe hasil silangan dari jenis Pimenta de Neyde dan Golden Habanero.

14. Garda Firework

garda firework

Cabe satu ini namanya cukup unik. Selain bisa dimakan cabe ini juga cantik untuk dijadikan tanaman hias karena buahnya berwarna warni dan sangat menarik perhatian. Cabe ini memiliki bentuk buah yang khas, yaitu panjang, ramping, tumbuh tegak keatas dan bergerombol. Cabe jenis Garda Firework memiliki level kepedasan yang sangat tinggi.

15. Sweet italian

type cabe hias sweet italian

Jenis satu ini merupakan jenis cabe yang berasal dari italia seperti namanya. cabe ini merupakan jenis cabe yang sangat besar. Besar dari cabe ini bisa mencapai tangan orang dewasa. kebayang kan besarnya seperti apa. namun walaupun bentuknya besar akan tetapi tidak memiliki rasa pedas akan tetapi cenderung rasa manis seperti paprika. itulah mengapa di sebut sebagai sweet italian.

Demikian informasi tentang 15 jenis cabe hias yang belum Anda ketahui dan belum familiar dikalangan masyarakat. Meskipun begitu, bagi para petani cabai atau pecinta tanaman hias pasti sedikit banyak sudah pernah mendengar tentang cabe hias diatas. Karena masih belum banyak yang tahu mengenai cabe hias ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk dibudidayakan jika Anda berminat. Semoga berhasil dan selamat bercocok tanam ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *