Cabe Ungu Tanaman Hias Yang Wajib Anda Tanam

Kelebihan cabe ungu

Menjadikan cabe ungu sebagai salah satu tanaman hias , mungkin masih terdengar aneh bagi sebagian orang. Karena pada umumnya orang akan memilih bunga sebagai tanaman hias karena selain cantik, bunga dianggap bisa memperindah taman yang kita miliki.

Tapi sebetulnya memilih cabai hias sebagai alternatif tanaman hias tidak ada ruginya sama sekali. Selain unik, cabe ungu atau yang akrab disebut dengan cabai pelangi ini adalah salah satu tanaman hias yang sukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Walaupun tidak banyak yang memakainya untuk tanaman hias .

Padahal jenis tanaman hias indoor yang akrab disebut dengan ornamental pepper ini memiliki banyak sekali kelebihan .Salah satunya adalah bisa dijadikan bumbu dapur seperti cabai pada umumnya.
Tapi selain manfaat tersebut, masih banyak kelebihan lain saat anda menanam tanaman hias ini . Apa sajakah itu.

Beberapa kelebihan dibawah ini mungkin bisa membuat anda mulai melirik tanaman yang satu ini.

  • Bermanfaat Sebagai Pembasmi Rumput Liar

Pohon cabe hias dan cabai biasa sesungguhnya sama saja . Karena masih dalam satu jenis tumbuhan cabai. Maka tidak ada perbedaan yang signifikan antara cabai hias dan juga cabai biasa. Yang membedakan mungkin hanya pada warna buah dan bunganya saja.

Meski sama saja dengan cabai pada umumnya , Namun pohon cabe hias memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan tanaman cabai untuk konsumsi. Membuat tanaman ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah pertumbuhan rumput liar yang biasa tumbuh di halaman anda. Memiliki akar yang tersebar merata dan cukup kuat,membuat tanaman ini bisa menghalangi pertumbuhan rumput liar untuk tumbuh bebas di pekarangan anda.

  • Sebagai Tanaman Hias Sekaligus Bumbu Masakan

Meski di Indonesia di anggap sebagai tanaman hias. Di Negara asalnya pohon cabai hias hampir sama dengan pohon cabai di Indonesia. Yaitu ditanam untuk dikonsumsi.

Tapi memang pohon cabe hias memiliki keistimewaanya tersendiri. Selain indah dilihat. Cabai ini bisa digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Beberapa ornamental pepper masuk kedalam kategori edible, atau dapat dikonsumsi. Seperti cabai pelangi misalnya.

Memiliki tingkat kepedasan sebanyak 30.0000-35.000 SHU cabai pelangi termasuk dalam kategari cabai yang memiliki tingkat rasa pedas yang sedang. Cabai ini bisa dikonsumsi tanpa takut rasa pedas menyengat. Selain itu, cabai ini juga memiliki tekstur yang renyah seperti buah.

  • Mudah Dirawat dan Tidak Membutuhkan Banyak Air

Meski tergolong dalam tumbuhan sayur yang biasanya butuh air yang cukup. Tapi pohon cabe ungu sepertinya memang memiliki pengecualian. Karena berasal dari Negara yang memiliki iklim yang cukup kering dan sering mengalami perubahan suhu yang cukup drastis. Membuat tanaman ini seakan mencoba beradaptasi dengan keadaan alam di sekitarnya. Sehingga membuatnya menjadi bisa beradaptasi meski kekurangan air.

Hal ini membuatnya jadi lebih mudah dirawat. Karena tidak memerlukan penyiraman yang terlalu sering. Bahkan penyiraman yang terlalu banyak dapat menyebabkan cabai hias memiliki kelembaban yang terlalu tinggi dan menjadikannya sulit berbunga dan berbuah. Salah satu yang perlu di perhatikan hanyalah pemupukan tanaman hias ini yang memang perlu ketelitian.

  • Mudah Dibudidayakan

Meski tergolong tanaman hias, pembibitan cabe ungu bisa dilakukan sendiri. Dengan cara menjemur biji cabai yang sudah matang hingga benar –benar kering dan menyimpannya dalam wadah tertutup serta kedap udara. Bibit pohon cabe hias bisa bertahan hingga tiga tahun lamanya jika cara penyimpanannya dilakukan dengan baik.
Dengan permintaan pasar yang masih cukup tinggi pada cabai ini. Bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikan cabai ini sebagai salah satu peluang bisnis anda. Selain mudah dalam perawatannya, cabai ini juga tahan hama dan perubahan suhu yang ekstrim.

  • Bisa Menjadi Peluang Bisnis
cabe-ungu

Peluang bisnis pohon cabe ungu masih terbuka cukup lebar. Selain peminat yang masih cukup banyak . Jenis cabai hias yang semakin banyak membuat banyak orang ingin mengoleksi tanaman ini dalam beberapa jenis sekaligus. Sehingga jika anda kebetulan membudidayakan cukup banyak membuat anda bisa meraih keuntungan yang cukup banyak jika dapat menjual sekaligus.

Nah itulah beberapa alasan mengapa pohon cabe hias dipilih sebagai tanaman hias. Selain karena bermanfaat sebagai tanaman hias seklaigus bumbu maskan. Tanaman ini juga memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan.

  • Sebagai Pembatas Bunga Hias

Saat menanam bunga hias seperti bunga lily, melati atau bunga mawar pasti anda sering menemukan bahwa ada saja tumbuhan pengganggu yang ada di taman anda. Tumbuhan penggangu ini dapat sangat merugikan bunga hias yang sedang anda tanam. Bunga anda bisa saja tidak bisa tumbuh dengan baik karena adanya tanaman yang mengganggu. Dan cara menanggulanginya adalah dengan cara menanam tanaman lain yang bisa berfungsi sebagai pembatas atau pagar alami pada bunga hias anda.

Dan cabe hias bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Selain jarak tumbuh yang bisa diatur dan juga masa tanam yang cukup fleksible. Cabai ini bisa anda tanam kapan pun anda butuhkan. Sehingga bunga hias anda tidak akan merasa terganggu pertumbuhannya meski ada tanaman lainnya. Cabe hias ini juga sangat bagus ditanam di sekitar bunga hias. Karena saat matang warna cabe ini tidak langsung menjadi ungu tapi warnanya berubah- ubah dari hijau, kuning merah dan oranye baur menjadi ungu. Sehingga bisa menjadi kombinasi yang tepat juga cantik pada taman anda.

  • Sebagai Tumbuhan Pengusir Gulma

Selain sangat bagus untuk digunakan sebagai tanaman pencegah tumbuhnya rumput liar. Cabe ungu juga bisa menjadi alternatif tumbuhan yang bisa mengusir beberapa tanaman gulma. Seperti rumput liar atau tanaman merambat yang biasanya ada di sekitar taman anda, Tanaman yang termasuk ke dalam jenis gulma ini dapat mengganggu tumbuhnya bunga hias atau tanaman lainnya.

Atau bisa dikatakan dapat menyerap unsur hara yang dibutuhkan tanaman hias daun atau tanaman hias bunga yang tumbuh di taman anda. Dengan menanam cabe hias unsur hara yang ada pada tanah jadi seimbang karena jenis cabe hias tidak menyerap unsure hara tanah seperti yang dilakukan banyak tanaman gulma. Sehingga pertumbuhan tanaman hias anda bisa terkontrol dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *