8 Tanaman Hias Daun Untuk Mempercantik Rumah Anda

tanaman-hias-daun

Salah satu elemen yang bisa digunakan sebagai pemanis di rumah anda. Letaknya pun bisa anda atur sedemikian rupa. Anda  bisa menanamnya di luar rumah. Atau bisa juga di letakkan sebagai ornamen untuk menambah kesegaran di dalam rumah.

Selain berfungsi sebagai  penyegar di halaman atau di dalam ruangan. Tanaman hias indoor bisa menjadi alternatif dekorasi yang cukup unik dan juga menarik.

Meski terlihat menarik dan cantik Namun sayangnya  hanya beberapa tanaman  saja yang benar- benar cocok untuk dijadikan dekorasi . Nah apa saja  jenis tanaman hias tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Aglaonema
aglonema-jenis-tanaman-hias

Tanaman hias yang juga terkenal dengan julukan Ratunya tanaman hias daun ini. Juga memiliki nama lain yang cukup di kenal  yaitu sri rejeki. Memiliki banyak jenis dan juga kombinasi warna daun yang berbeda- beda. Aglaonema bisa memberi kesan segar di taman dan juga rumah anda.

Tanaman ini adalah jenis tanaman hias yang cukup mudah di rawat juga di budidayakan. Selain itu aglonema juga sangat tahan dan juga toleran pada banyak kondisi iklim dan juga tanah. Meski berada di dalam ruangan  dengan penerangan neon sekalipun. Aglaonema masih dapat tumbuh dengan baik dan kokoh. 

  • Lidah Mertua

Tanaman   yang terkenal dengan manfaatnya sebagai penyerap racun dan polusi ini selalu menjadi pilihan banyak pecinta tanaman hias daun. Selain sangat mudah dirawat. Lidah mertua juga sangat mudah di budidayakan dan bisa hidup di segala kondisi. Selain digunakan sebagai tanaman di taman. Lidah mertua juga banyak digunakan sebagai tanaman hias indoor. Terutama yang berukuran kecil dan mini. Lidah mertua bisa ditanam di dalam pot kecil dan digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Sebagai tanaman hias daun yang dapat diletakkan di dalam ruangan rumah atau kantor. Lidah mertua tidak memerlukan banyak perawatan sehingga sangat cocok di gunakan sebagai alternatif dekorasi di ruangan ruma atau kantor anda.

  • Anthurium
anthurium

Masih satu kerabat dengan aglaonema . Tanaman hias daun ini sering disebut dengan tanaman “raja”. Hal ini karena pada zaman kerajaan dahulu, anthurium sering digunakan sebagai tanaman di taman kerajaan. Alasannya adalah  karena anthurium memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Sehingga sering digunakan sebagai  hiasan untuk memerpcantik kerajaan pada zaman dahulu.

 Dan faktanya hingga saat ini anthurium juga masih sangat digemari banyak orang untuk dijadikan tanaman hias di taman- taman. Selain karena mudahnya perawatan. Anthurium uga termasuk tanamn yang sangta kuat dalam banyak kondisi. Sehingga tidak memerlukan banyak perawatan khusus seperti tanaman hias lainnya.

  • Kaktus
kaktus-tanaman-hias-indoor-1

Tanaman yang lebih akrab di jadikan dekorasi rumah dan juga tanaman hias indoor ini bisa menjadi pilihan untuk mendekorasi taman anda . Meski termasuk ke dalam tanaman berduri dan cukup berbahaya. Nyatanya kaktus memang banyak di gemari sebagai  tanaman hias. Bahkan beberapa orang menjadikan kaktus sebagai kado dan juga souvenir.

Kaktus bisa anda gunakan sebagai ornament dekorasi rumah anda yang cukup cantik dan juga simpel. Terutama untuk anda yang memiliki  konsep rumah minimalis. Kaktus bisa jadi pilihan yang tepat. Selain tidak memerlukan banyak perawatan khusus. Kaktus juga mudah tumbuh di banyak tempat dan kondisi.

  • Daun Puring
daun-puring

Bagi yang baru mengenal daun puring mungkin merasa cukup asing dengan tanaman yang satu ini. Karena biasanya tanaman puring lebih sering ditemukan dipemakaman dan juga identuk dengan tanaman yang biasa tumbuh di makam. Sehingga beberapa orang kadang menolak menanam tanaman ini.

Tapi saat ini daun puring sudah banyak diminati sebagai salah satu pilihan tanaman hias di taman. Selain karena warnanya yang semakin banyak dan beragam. Untuk ukuran tanaman hias, daun puring juga sangat mudah di rawat.

Bahkan bisa tahan hidup di cuaca yang cukup panas dan minim air. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir saat menanam tanaman hias yang satu ini. Daun puring tidak hanya bisa ditanam langsung di tanah tapi juga bisa di tanam di media lain seperti pot.

  • Siklok
siklok

Tumbuhan yang memiliki nama latin agave attenuate ini adalah salah satu tanaman hias daun yang sangat mudah ditanam. Selain tahan pada cuaca panas dan juga kering. Siklok juga tidak memiliki perawatan khusus saat ditanam.

 Memiliki dominasi warna daun hijau dan ujung daun putih. Membuat tumbuhan ini sangat cocok sebagai tanaman hias di taman anda. Selain mudah dirawat , siklok juga tidak memerlukan lahan yang cukup luas untuk tumbuh. Karena siklok tidak bisa tumbuh hingga ukuran yang  cukup tinggi. Meski termasuk jenis tanaman hias yang   sulit berukuran tinggi tapi bunga dari siklok berukuran cukup besar. Dan inilah yang menjadi daya tarik tanaman hias yang satu ini.

  • Kalatea
kalatela

Tanaman hias daun yang memiliki julukan “prayer plant” ini disukai karena warnanya yang bermotif unik dan cantik. Kalatea adalah tanaman rindang yang berasal dari Amerika Tropis. Tanaman ini dijuluki prayer plant karena saat malam hari kalatea akan menggulungkan daunnya.

Daun kalatea memiliki sensitifitas yang tinggi pada cahaya sehingga saat malam hari akan menggulungkan daunnya. Dan, Kalatea bisa jadi salah satu pilhan tanaman hias untuk taman anda. Karena meski memilki bentuk dan juga motifk yang cantik. Kalatea tidak memerlukan perawatan khusus sehingga mudah untuk di tanam . Kalatea sendiri memiliki banyak jenis dan variasi warna. Namun karena sensitifitasnya yang tinggi pada cahaya. Kalatea tidak dianjurkan untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung, Karena dapat membuat daunnya rusak dan tidak berkembang dengan sempurna.

  • Keladi Dieffenbachia
Keladi Dieffenbachia

Di Jawa keladi diefenbahia banyak juga di sebut dengan nama keladi “beras kutah”. Karena bentuknya yang mirip dengan beras yang tumpah. Masih satu kerabat dengan aglaonema. Keladi ini bisa mudah ditanam di manapun. Tidak memerlukan perawatan khusus dan juga bisa ditumbuh dimanapun.

Asalkan di rawat dengan benar dan disirami cukup air maka  keladi ini dapat tumbuh dengan baik. Keladi ini bisa memberi kesan segar dan teduh jika di tanam di taman anda. Untuk ukuran tanaman hias keladi ini juga tidak terlalu berukuran besar sehingga cukup pas untuk mendekorasi taman anda.

Menanam tanaman hias daun di rumah memang terkesan sangat sederhana. Tapi pengaruhnya bisa sangat besar pada rumah dan taman anda. Karena dengan adanya tanaman,  rumah akan jadi lebih segar dan juga  teduh. Selain tanaman hias tersebut saat ini masih ada pula tanaman hias yang di manfaatkan dari segi keindahan dan manfaatnya yaitu cabe hias. Baiklah, Anda bisa membaca artikel kami yang leinnya mengenai cabe hias yaitu salah satunya bolivian rainbow. Tanaman hias juga bisa menjadi alternatif relaksasi yang tepat untuk anda.  Sehingga menanamnya dirumah bisa menjadi salah satu  terapi  yang tepat untuk anda dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *