10 Tanaman Hias Indoor Untuk Ruangan Kantor dan Juga Rumah

tanaman-hias-indoor

Tanaman hias tampaknya memang menjadi salah satu alternatif dekorasi yang tepat untuk beberapa orang. Terutama bagi orang yang menyukai desain rumah minimalis dan memilik banyak ruangan berukuran mini dirumahnya. Karena selain unik. Memakai tanaman sebagai dekorasi juga sedang cukup tren.  Meski banyak sekali jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan. Tapi tidak semua tumbuhan cocok untuk digunakan sebagai tanaman  hias indoor.

Ada beberapa yang bisa digunakan ada juga yang tidak benar- benar cocok. Berikut ini  beberapa tanaman hias yang cocok digunakan sebagai tanaman hias di dalam rumah

  1. Kaktus
kaktus

Tumbuhan yang identik dengan iklim gurun yang kering ini  sangatlah cocok bila digunakan sebagai tanaman hias di dalam rumah . Selain karena oertumbuhan kaktus cukup lambat.Kaktus juga tidak membutuhkan media tanam yang besar agar bisa hidup. Bahkan cukup disiram beberapa kali saja. Kaktus bisa bertahan hidup sangat lama tanpa adanya perawatan khusus.

Kaktus bisa dikatakan menempati urutan pertama tanaman hias yang banyak di pilih sebagai dekorasi rumah. Karena bentuknya yang cenderung kecil dan mudah beradpatasi. Pertumbuhannya pun juga tidak banyak mempengaruhi ruangan di dalam rumah anda. Sehingga aman jika diletakkan di dalam ruangan rumah atau kamar sekalipun.

  • Bunga Anthurium
bunga-anthurium

Tanaman yang memiliki harga cukup mahal ini sangat cocok bila digunakan sebagai salah satu tanaman ornamental di rumah anda. Selain waanya yang menarik. Tanaman satu ini juga memliki sejara yang cukup unik yang membuatnya jadi makin bernilai tinggi.

Masih satu kerabat dengan aglaonema . Tanaman hias indoor ini sering disebut dengan tanaman “raja”. Hal ini karena pada zaman kerajaan dahulu, anthurium sering digunakan sebagai tanaman di taman kerajaan. Alasannya adalah  karena anthurium memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Sehingga sering digunakan sebagai  hiasan untuk mempercantik kerajaan pada zaman dahulu.

Dan faktanya hingga saat ini anthurium juga masih sangat digemari banyak orang untuk dijadikan tanaman hias di taman- taman. Selain karena mudahnya perawatan. Anthurium uga termasuk tanamn yang sangta kuat dalam banyak kondisi. Sehingga tidak memerlukan banyak perawatan khusus seperti tanaman hias lainnya

  • Aloe Vera
aloe-vera

Tanaman yamng sering disebut sebagai tanaman dengan  seribu khasiat ini juga sangat bagus jika dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Terutama bagi anda yang menyukai taman indoor. Aloe vera atau yang biasa disebut dengan lidah buaya ini bisa jadi piihan untuk menghiasi taman anda.

 Selain karena lidah buaya tidak memerlukan banyak perawatan khusus, tanaman ini juga cukup mudah tumbuh di berbagai media tanam. Baik di tanah maupun di dalam  pot. Sehingga sangat mduah dirawat dan juga tidak merepotkan anda. Aloe vera yang berukuran kecil  juga sangat bagus bila digunakan sebagai hiasan meja yang ada dirumah anda, Karena bisa memberi kesan segar dan juga cantik pada meja anda.

  • Pakis Asparagus
Tanaman-Indoor-Pakis-Asparagus

Tumbuhan yang akrab disebut dengan fern ini sering digunakan sebagai hadiah atau kado pernikahan bagi orang Chineese.  Meski bukan termasuk dari jenis keluarga pakis. Tanaman ini justru lebih sering di sebut dengan pakis.  Tumbuhan ini sangat cocok dijadikan tanaman hias indoor karena perwatannya yang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak air.

 Asal diletakkan di dekat sumber cahaya matahari dan mendapat air yang cukup fern akan  tumbuh dengan baik. Untuk orang chineese sendiri fern juga dianggap lambing keberuntungan dan juga sering di masak untuk beberapa menu tertentu.

  • Sukulen Echeveria
sukulen-echivirea-tanaman-hias-indoor

Tanaman yang mirip sekali dengan kaktus ini bisa menjadi pilihan anda untukd dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Meski tidak memiliki daun yang berduri seperti kaktus.Tanaman ini tergolng berjenis mirip kaktus karena kemampuan hidupnya yang sangat baik. Tanaman yang cantik ini hampir dikatakan cukup low maintenance karena anda hanya perlu menyiramnya seklai sehari saj dai bsia hidup dengan baik. Sukulen sendiri dalam bahasa Indonesia berarti adalah menyimpan air.

Karena kemampuan seluruh daun sukulen dalma menyimpan air membaut tanaman hias ini jadi sangat kuat dalam bertahan hidup. Sukulen sendiri dianggap sebagai tanaman pembawa hoki oleh orang chineese yang mempercayai feng shui.

 Sehingga sering di letakkan di dalam rumah maupun sebagai hias di ruangan kantor. Hebatnya lagi sukulen sendiri dapat menghasilkan oksigen di dalaam ruangan yang memiliki fungsi membersihkan ruangan dimana tanaman hias ini di letakkan. Yang berfungsi menyerap racun yang ada di dalam ruangan.

  • Rosemary
rosemery

Tanaman hias indoor lain yang sangat disukai adalah rosemary atau yang akrab disebut dengan rosmarin. Tanaman yang berasal dari Mediteranian ini sudah sejal lama dikenal karena aromanya yang harum dan menenangkan. Tumbuhan yang berbentuk seperti cemara kecil ini bisa tumbuh dimanapun asal udaranya pas dan suhunya seimbang. Meletakkan tanaman Ini didalam rumah bisa menjadi alternatif pewangi ruangan alami di rumah anda. Karena aroma rosemary yang menenangkan bisa berfungsi sekaligus sebagai aromaterapi di dalam ruangan.

 Selain mempu memperindah ruangan, rosemary juga memiliki banyak  fungsi  kesehatan . Diantaranya adalah dapat digunakan sebagai  anti kanker, meringankan stress, meningkatkan ingatan, mencegah rambut rontok dan juga meningkatkan serta menjaga fungsi hati.

  • Tanaman Jade
tanaman-hias-indoor-jade

Tanaman yang akrab disebut  dengan “pohon uang” oleh banyak orang chineese dan orang Asia ini bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk dekorasi di dalam  rumah. Selain karena bentuk dari Jade Plant yang cukup mini menyerupai bonsai. Tumbuhan ini juga tidak memerlukan perawatan khusus agar bisa tumbuh subur. Jade Plant bisa hidup di area indoor maupun outdoor asal mendapatkan air cukup. Baca Juga : Mengenal cabe pelangi

Di beberapa tempat jade biasa di letakkan di daiam rumah maupun didalam ruangan kantor. Karena beberapa orang mempercayai bahwa jade bisa membawa hoki atau keberuntungan didalam usaha yang sedang dijalani.

Saat menanam Jade Plant disarankan menambahkan kerikil pada pot atau tempat tumbuh Jade Plant agar drainase air jadi lebih baik.

  • Bambu Rejeki
tanaman-hias-indoor-bambu-rejeki

Tanaman hias yang akrab disebut lucky bamboo ini sangat terkenal di kawasan Asia Timur. Terutama Cina, Korea dan Jepang. Bambu rejeki sering dijadikan tanaman hias indoor karena termasuk tanaman yang bisa dibentk menajid dekorasi rumah maupun dekorasi meja.

 Ciri dari bambu ini adalah bentuknya yang kecil, lentur dan mudah dibentuk. Untuk menanam bambu ini anda bisa menggunakan media tanah maupun air. Cukup jaga kadar air pada tanah dan juga air yang dipakai tetap lembab. Tidak terlalu basah juga tidak terlalu kering. Kemudian letakkan bambu rejeki tersebut di tempat yang memiliki cukup sinar matahari tapi tidak terlalu panas atau terlalu redup. Agar bambu anda dapat tumbuh dengan baik.

  • Lidah Mertua
lidah-mertua

Tanaman   yang terkenal dengan manfaatnya sebagai penyerap racun dan polusi ini selalu menjadi pilihan banyak pecinta tanaman hias daun. Selain sangat mudah dirawat. Lidah mertua juga sangat mudah di budidayakan dan bisa hidup di segala kondisi.

 Selain digunakan sebagai tanaman di taman. Lidah mertua juga banyak digunakan sebagai tanaman hias indoor. Terutama yang berukuran kecil dan mini. Lidah mertua bisa ditanam di dalam pot kecil dan digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan.

Sebagai tanaman hias indoor yang dapat diletakkan di dalam ruangan rumah atau kantor. Lidah mertua tidak memerlukan banyak perawatan sehingga sangat cocok di gunakan sebagai alternatif dekorasi di ruangan rumah atau kantor anda.

  • Cabe Hias
tanaman hias indoor cabe hias

Ada satu lagi jenis tanaman yang saat ini banyak di gunakan sebagai hiasan di dalam rumah yaitu cabe hias. Jenis cabe bukan hanya di jadikan bahan makanan saja namun juga di jadikan bonsai di dalam pot dan di jadikan hiasan di rumah. Dengan pohon yang pendek dan buah yang lebat dan beraneka ragam pastinya membuat suasana rumah semakin elok dan mempesona. Selain itu cara menanam cabe hias juga sangat mudah.

Menggunakan tanaman hias  untuk dekorasi dan pelengkap di dalam rumah anda mungkin masih terdengar baru bagi anda. Padahal dengan penataan yang  tepat tanaman hias  di dalam rumah bisa menjadi hiasan yang unik dna cantik di rumah dan juga ruangan kantor anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *