Cara Menanam Cabe Hias Yang Baik dan Benar

Cara Menanam Cabe Hias Yang Baik
Cara Menanam Cabe Hias Yang Baik

Salah satu jenis cabai yang paling banyak di cari adalah jenis cabe pelangi atau bolivian rainbow. Banyak orang yang menjual benih ini. Namun tidak semua orang dapat menanam benih cabai hias. Pada artikel kita kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam cabe hias yang baik dan benar agar dapat menghasilkan buah yang banyak.

Baiklah pertama tama mari kita siapkan benih yang berkualitas bukan hanya sekedar benih yang di beli dengan harga termurah. Tidak semua yang harganya murah dapat membuat tanaman tumbuh. Namun anda tidak perlu kuatir masih banyak para penjual benih yang jujur dan amanah. Mereka menjual benih yang berkualitas dan baik. Jadi anda harus pintar pintar dalam memilih benih yang akan anda beli.

Setelah anda mendapatkan benih cabai hias anda bisa memulai merendamnya dengan menggunakan air hangat agar benih dapat terbangun dari masa dormansi atau masa tidur benih tersebut.

Lakukan perendaman selama 8 jam paling lama. Setelah itu barulah taburkan pada media tanam. Oh iya untuk media tanam yang baik adalah menggunakan campuran sekam bakar dan tanah serta pupuk kandang. Camurkan semua media dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah semua media tercampur barulah taburkan benih cabai hias tersebut agar benih dapat tumbuh setelah 3 hari. Setelah 3-5 hari biasanya benih sudah tumbuh dan berkecambah lalu biarkan selama 2 minggu. Dalam waktu dua minggu tadi anda harus benar benar menjaga benih agar tetap lembab. Tujuannya agar bibit tadi tidak kekeringan lalu mati.

Setelah 2-3minggu pindahkan benih yang sudah mengeluarkan daun dua atau tiga helai tadi. Pindahkan pada media yang lebih besar seperti polibag ataupun langsung ke bedengan tanam. Sebelum melakukan pemindahan alangkah baiknya jika anda memberikan pupuk dasar ke dalam tanah berupa NPK 16-16-16 pupuk ini memiliki kandungan yang baik untuk masa pertumbuhan bibit. Tidak perlu banyak banyak hanya satu sendok saja dalam satu lubang.

Lakukan penyiraman setiap dua hari sekali agar tanaman tidak kekeringan karena di masa masa ini bibit cabe hias sangat rawan kekeringan. Ketika tanaman berumur dua minggu lakukan pemupukan pertama dengan menggunakan NPK dengan kandungan 32-12-12 nah untuk pupuk ini sangat baik jika di aplikasikan pada umur ini karena akan membuat tanaman memiliki banyak daun dan batang.

Ketika tanaman berumur dua bulan mulai kita lakukan pemupukan kedua dengan NPK kandungan 16-16-36 atau sejenisnya yang memiliki kandungan Kalium cukup banyak atau bisa juga menggunakan KCL. Dan dengan memberikan pupuk tersebut tanaman cabai hias akan mulai mengeluarkan calon bunga biasanya. Oh ya untuk penanggulangan hama biasa gunakan fungisida dan insektisida setiap tujuh hari sekali dari awal penanaman hingga panen.

Setelah tanaman cabai hias berumur 3 bulan biasanya sudah menghasilkan buah yang banyak dan lakukan pemanenan.

Demikianlah artikel kami mengenai cara menanam cabai hias yang baik dan benar semoga artikel kami ini dapat membantu anda. Untuk anda semua yang tengah mencari benih cabai hias yang berkualitas anda juga bisa menghubungi kami di wa 082133374742 setiap pembelian benih di tempat kami anda bisa mendapatkan gratis konsultasi dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *